Cara Memindahkan Data dari Ms. Word ke PowerPoint



Presentasi yang akan dibuat oleh seorang terkadang materinya sama dengan data yang sudah ada namun bagaimana caranya apabila data tersebut berada dalam sebuah file yang berbeda misalnya saja materi yang akan disampaikan dalam presentasi datanya ada di program pengolahan kata atau Ms. Word. Hal ini tidaklah mungkin apabila data tersebut sangatlah banyak dengan tenggang waktu untuk presentasi sangatlah sedikit apalagi dalam hal keahlian dalam mengetik sangatlah kurang baik artinya kita tentu mencari langkah alternative untuk mempercepat desain presentasi pada Ms. PowerPoint dengan cara copy paste atau memindahkan data dari Ms. Word ke Ms. PowerPoint.

Cara memindahkan data dari Ms. Word ke Ms. PowerPoint bukanlah hal yang sulit dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara cepat membuat desain presentasi powerpoint tanpa mengetik cukup memindahkan atau mengcopy data yang sudah ada di Ms. Word dan menempatkan atau mempaste ke dalam rancangan desain presentasi PowerPoint.

Langkah-langkah Memindahkan data dari Ms. Word ke Ms. PowerPoint
  1. Buka Ms. PowerPoint
  2. Buat dua buah slide slide pertama sebagai judul misalnya seperti gambar dibawah ini


  3. Slide pertama jadikan sebagai judul presentasi dan tambahkan satu slide blank dengan cara New Slide dan pilih Blank


  4. Jika sudah selesai maka akan muncul slide yang kedua dengan template blank slide langkah berikutnya tambahkan textbox kedalam slide yang ke-2 dengan cara klik menu Insert kemudian Text Box


  5. lalu drag and drop pada slide ingat setelah klik text box jangan klik pada slide tetapi drag and drop hingga seperti kotak persegi


  6. Jika sudah selesai silakan buka file data di Ms. Word yang akan dimasukan ke dalam Ms. PowerPoint kemudian blok tulisan yang akan dicopykan lalu klik kanan mouse dan pilih Copy bisa juga dengan menggunakan CTRL+C


  7. Langkah berikutnya masuk kembali ke PowerPoint kemudian klik dan klik Paste atau bisa dengan menekan tombol keyboard CTRL+V


  8. Sampai langkah ini sudah bisa memindahkan data yang ada di Ms. Word kedalam slide presentasi di PowerPoint, langkah berikutnya tinggal mengatur dan menyesuaikan misalnya menentukan ukuran font dan membuat numbering sesuai format yang ada di Ms. Word


Silakan perhatikan apakah data yang ada di Ms. Word telah sama dengan data yang ada di Ms. PowerPoint? Untuk langkah selanjutnya silakan desain sesuai dengan jiwa seni masing-masing dan selamat mencoba

7 Langkah Membuat Desain Presentasi Dengan Menggunakan Template

Presentasi yang dibuat dengan menggunakan program PowerPoint pada umumnya terdiri dari beberapa slide dan masing-masing slide biasanya memiliki atau terdiri dari judul dan sub judul berupa teks maupun gambar. Agar presentasi terlihat lebih menarik dan professional tentu desain presentasi perlu dirancang sedemikian rupa artinya Anda perlu memformat judul, sub judul, background, warna tulisan dan format tulisan, serta animasi yang menarik sehingga terlihat tidak monoton. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan posting sebuah cara atau langkah bagaimana membuat desain presentasi dengan benar.

Berikut 7 langkah membuat sebuah presentasi dengan benar

  1. Aktifkan slide yang akan diformat misalnya saya mempunyai sebuah file desain presentasi PowerPoint dengan dua slide seperti berikut


  2. Klik menu Design
  3. Kemudian silakan lihat beberapa contoh Template atau bentuk desain yang sudah disediakan oleh Microsoft


  4. Silakan arahkan mouse pointer pada salah satu template desain tersebut, misalnya saya akan memilih jenis template model Technic maka hasilnya akan seperti terlihat pada gambar dibawah ini


  5. Jika Anda arahkan pointer mouse ke salah satu template tersebut maka secara otomatis di layar monitor akan berubah sesuai dengan pilihan
  6. Slide ke-2 akan secara otomatis mengikuti pilihan template yang telah dipilih, lalu bagaimana cara agar slide ke-2 template tidak harus sama dengan slide pertama? Aktifkan slide yang akan dipilih kemudian klik kanan pada salah satu template kemudian klik Apply to Selected Slide


  7. Silakan perhatikan perubahan pada slide ke-2 disana terlihat perbedaan desain antara slide ke-1 dan ke-2 kira-kira akan tempil seperti berikut

Ok, mudah bukan? Anda tidak usah repot merubah setiap slide background, kemudian warna huruf, posisitulisan apakah akan ditempatkan di sebalah kanan atau kiri kemudian warna huruf apakah mau wanr kuning, hijau, atau biru dan tentunya hanya beberapa klik saja desain presentasi PowerPoint Anda sudah kelihatan professional.

Itulah 7 cara mudah dan cepat mendesain sebuah presentasi pada PowerPoint dengan bantuan Template yang telah disediakan oleh Microsoft. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Silakan lihat tulisan tentang Ingin Tulisan yang Menarik pada PowerPoint

Begini Cara Membuat Password pada PowerPoint 2010

Keamanan data di dunia digital memang perlu dipertimbangkan mengingat sebuah hak cipta dilindungi UU, begitu juga dengan file karena file merupakan data otentik yang bisa dijadikan bukti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada PowerPoint Anda bisa memberikan sebuah password atau kata kunci jadi apabila ada orang yang membuka file tersebut harus memasukan kata kunci terlebih dahulu agar dapat melihat isi dari file tersebut

Proteksi file PowerPoint terdiri dari 2 jenis secara umum yaitu proteksi ketika membuka file ada juga proteksi dari modifikasi file tersebut lalau apa bedanya nanti akan saya bahas pada posting berikutnya. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menyimpan file PowerPoint 2010 dengan password untuk melindungi keamanan data.

Berikut langkah membuat Password pada PowerPoint 2010 agar tidak bisa dibuka

Setelah desain presentasi dengan beberapa silde selesai dibuat langkah selanjutnya adalah menyimpan file, nah pada tahap ini Anda silakan lakukan penguncian pada file tersebut dengan cara

  1. Klik Office Button
  2. Klik Save As / Save
  3. Ketikan nama file kemudian cari Tool dan pilih General Options


  4. Jika sudah selesai lihat akan muncul sebuah jendela General Options silakan ketikkan password pada kolom Password to Open agar file yang sudah dibuat tidak dapat dibuka sebelum memasukan kata kunci dengan benar. Apabila ingin melindungi dari proses Editing oleh orang lain silakan gunakan Password to Modify kemudian klik OK


  5. Jika sudah selesai di layar akan muncul sebuah konfirmasi untuk memasukan kembali password yang telah Anda  buat


  6. Jika sudah selesai silakan tekan tombol OK dan langkah berikutnya silakan simpan file tersebut dengan nama file terserah Anda kemudian klik tombol Save
  7. Untuk membuktikannya silakan close file tersebut kemudian silakan buka kembali jika berhasil maka akan menampilkan sebuah jendela bahwa Anda disuru memasukan password jika ingin membuka file tersebut


  8. Selesai



Belajar PowerPoint

Tutorial PowerPoint